kode mandiri syariah : HpSamsung

Inilah Kode Bank BRI Syariah Terbaru dan Lengkap Cara Transfernya
Anggit Saputra 2 hari ago Tutorial HP Samsung

Berapa kode Bank BRI Syariah? Pertanyaan ini umumnya dikeluarkan ketika kita hendak melakukan transfer ke bank BRI syariah namun tidak mengetahui kode bank tersebut. Sebab, Indonesia menyediakan berbagai macam layanan bank yang bisa digunakan.

Dalam bertransaksi biasanya kita tidak hanya dilakukan cukup hanya dengan sesama jenis bank saja, melainkan juga dari bank lain. dan untuk memudahkan dalam bertransaksi maka diperlukan kode transfer antar bank seperti kode dalam setiap bank.

Baca Cepat tampilkan
Berapa Kode Bank BRI Syariah?
Kode yang terdapat dalam bank BRI Syariah merupakan salah satu elemen yang diperlukan ketika kita hendak melakukan transaksi antar bank. Kode tersebut bertujuan untuk memudahkan proses transfer, terutama ketika melakukan transaksi antar bank.

Kode tersebut diperlukan jika kamu merupakan bank lain yang hendak mengirim sejumlah uang ke rekening Bank BRI Syariah. Kamu bisa memasukkan kode Bank BRI Syariah terlebih dahulu sebelum memasukkan nomor rekening yang kamu tuju.

Dan sekarang bank BRI Syariah telah melakukan merger ke Bank Syariah Indonesia atau yang biasa disebut dengan Bank BSI. Dengan demikian semua nasabah bank Syariah yang berada di bawah naungan Bank BUMN dipindahkan dan dicatat menjadi nasabah BSI.

Lalu, setelah dilakukan merger apakah kodenya berubah? karena mengikuti hal tersebut, maka kode Bank seperti bank BRI Syariah ini pun juga mengalami perubahan. Sebab, sudah tidak ada lagi bank BRI Syariah di Indonesia.

Sejak dinyatakan resmi bergabung dengan Bank Syariah Indonesia pada 1 Februari 2021 bersama Bank Mandiri Syariah dan Bank BNI Syariah, maka kode bank BRI Syariah pada mesin ATM adalah 422. Kode tersebut bisa menjadi identitas dari rekening bank Syariah jika kamu hendak mengirim uang.

Apabila kamu mengirim sejumlah uang namun tidak menggunakan kode tersebut maka dipastikan transaksi tersebut dinyatakan gagal atau tidak berhasil di transfer ke nomor rekening yang dituju.

Apa Fungsi Kode Bank?
Setelah mengetahui berapa kode Bank BRI Syariah setelah dilakukan merger ke BANk Syariah Indonesia. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari kode bank tersebut? sebab tidak hanya bank BRI Syariah saja yang memiliki kode unik, namun setiap bank memiliki kode unik masing-masing.

Kode Bank tersebut dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk kedudukan bank Indonesia. sementara itu, kode bank untuk luar negeri akan menggunakan kode swift. Dengan adanya kode bank tersebut dapat membuat sistem pengiriman uang antar bank menjadi lebih mudah dan teridentifikasi oleh setiap bank.

Bagi kamu yang sering melakukan pengiriman uang antar bank tentu tidak asing dengan manfaat adanya kode bank tersebut. Lalu apa sebenarnya fungsi dari kode bank tersebut?

1. Memudahkan Dalam Bertransaksi
Kemajuan zaman telah menuntut berbagai kemudahan di setiap penjuru kehidupan. Seperti kode Bank BRI Syariah yang kini merger menjadi Bank Syariah Indonesia. ketika kamu hendak melakukan pengiriman sejumlah uang antar bank, maka kamu harus mencantumkan kode bank.

Tujuan dari mencantumkan kode bank tersebut adalah agar bisa membantu masing-masing bank agar bisa mengetahui hak dan kewajibannya ketika hendak melakukan transaksi 2 pihak terjadi.

2. Pengiriman Uang Antar Bank
Melakukan transaksi dana dengan melalui ATM tentu membutuhkan kode bank. Tujuannya adalah transaksi yang dilakukan berhasil diproses oleh pihak bank. Sebagai contohnya adalah kamu akan mengirim dari bank yang berbeda, seperti dari bank BNI ke bank BRI Syariah.

Karena melakukan transaksi dari bank yang berbeda, maka kamu harus mencantumkan, yaitu 422 sebelum kamu memasukkan nomor rekening yang hendak kamu masukkan. Contoh 422456708974321565

3. Sebagai Identitas Sebuah Bank
Kode bank tersebut umumnya dimanfaatkan oleh setiap bank untuk proses identifikasi. Sehingga ketika kamu melakukan transaksi antar bank namun tanpa memasukkan kode bank secara otomatis transaksi yang kamu lakukan akan gagal atau tidak berhasil.

Sebagai contohnya adalah kode Bank BRI Syariah yang berfungsi untuk membedakan antara bank satu dengan lainnya. selain itu juga bermanfaat untuk menghindari adanya kesalahan transaksi pada bank.

Bagaimana Cara Transfer ke Bank BRI Syariah?
Ketika kamu hendak mengirim uang ke nomor rekening bank yang berbeda, maka kamu membutuhkan kode bank. Tujuannya adalah supaya transaksi yang kamu lakukan tidak dinyatakan gagal. Terutama bagi kamu yang melakukan transfer dengan menggunakan mesin ATM.

Maka, kamu harus mencantumkan 3 digit angka sebagai kode Bank BRI Syariah yang hendak kamu tuju di depan nomor rekening tujuan. Jika kamu masih mengalami kebingungan, kamu bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini.

1. Transfer Via Mobile Banking
Di era yang serba mudah hanya dalam satu genggaman, yaitu dengan menggunakan smartphone kini kamu juga bisa melakukan transaksi pengiriman uang hanya dengan menggunakan smartphone. Adanya mobile banking ini memudahkan ketika hendak melakukan transaksi.

Langkah yang pertama adalah memastikan kamu sudah memasang aplikasi BRI Mobile di smartphone
Kemudian buka aplikasi BRI Mobile, lalu klik menu yang terdapat pada Mobile Banking BRI
Selanjutnya kamu bisa langsung ke menu ‘Transfer’
Kemudian pilih opsi ‘Bank Lain’ yang terdapat pada tampilan menu yang telah disediakan
Jangan lupa untuk memilih bank BRI Syariah dengan kode bank BRI Syariah adalah 422
Langkah yang selanjutnya masukkan nomor rekening BRI Syariah tujuan Anda mengirim uang
Jangan lupa juga untuk memasukkan nominal atau besaran uang yang hendak kamu kirim
Setelah dinyatakan selesai dan memastikan tidak ada kesalahan, maka kamu bisa menekan klik ‘OK’.
Transfer rekening bank Syariah pun dinyatakan sudah berhasil.
2. Transfer Via ATM
Bagi kamu yang tidak memiliki BRI mobile di smartphone, kamu bisa melakukan pengiriman uang dengan cara melalui mesin ATM yang ada di daerahmu. Cara transfer melalui mesin ATM ini merupakan cara yang efektif bagi nasabah yang tidak memiliki aplikasi BRI Mobile.

Langkah pertama kamu bisa mendatangi mesin ATM terdekat dengan lokasimu
Kemudian masukkan kartu ATM pada mesin ATM
Kemudian pilih bahasa, kamu bisa menekan klik pada Bahasa Indonesia
Selanjutnya masukkan PIN ATM kamu dengan benar
Jangan lupa untuk memasukkan kode Bank BRI Syariah, yaitu 422 yang kemudian diikuti dengan nomor rekening tujuan
Jika sudah maka kamu bisa menekan klik ‘Benar’ yang terdapat pada layar dan memasukkan nominal uang yang hendak kamu transfer
Jika sudah dinyatakan semua benar, maka kamu bisa menekan atau memilih ‘Ya’ dan mengkonfirmasi data transfer tersebut
Kemudian klik ‘Ya/Benar’ jika data yang hendak kamu kirim telah sesuai.
3. Transfer Via Pos atau Minimarket
Bagi kamu yang berada di lokasi yang jauh dari mesin ATM dan tidak memiliki BRI Mobile sedangkan bank BRI Syariah dalam keadaan sudah tutup atau hari libur, kamu tetap bisa melakukan transaksi ke rekening Bank BRI Syariah melalui POS dan juga minimarket.

Meskipun alternatif ini jarang sekali diketahui oleh banyak orang, namun melalui minimarket yang buka selama 24 jam akan membantu kamu mengirim uang tanpa harus bingung mencari mesin ATM atau mendatangi kantor cabang terdekat.

Kamu bisa mengatakan kepada petuga minimarket jika hendak mengirim uang ke Bank BRI Syariah. Kemudian jangan lupa untuk menyampaikan kode Bank BRI Syariah, yaitu 422 kepada petugas agar tidak salah mengirim uang. Biasanya cara ini memerlukan biaya administrasi.

Sumber :