Tutorial Paint Tool SAI: Mewarnai Rambut Manga (Coloring and Shading)

By | Thursday, April 19, 2012 50 comments
Tutorial Coloring Rambut Manga

Tutorial kali ini adalah lanjutan dari Tutorial Menggambar Artline Manga Dengan Paint Tool SAI tanpa Tracing Sketsa kemarin. Bagi yang baru pertama kali mengunjungi blog ini sebaiknya klik dulu tab Tutorial di pojok kanan atas supaya lebih paham dan belajar dari awal.

Seperti biasa, untuk belajar menggambar manga, kita harus memahami style manga/anime itu sendiri. Dengan menonton anime (film animasi Jepang) dan membaca manga (komik Jepang) adalah cara terbaik mempelajari style menggambar manga. Begitu juga dalam mewarnai rambut tokoh/character yang akan kita gambar. Menonton anime akan sangat membantu.(kenapa harus menonton anime? karena kalau  manga biasanya hitam puith, tidak berwarna. #obvious ). Tidak sekedar ditonton, namun juga memperhatikan detail design character, detail warna dan shading setiap tokoh.

Dan menurut pengalamanku dan teman-temanku yang mempunyai hobi yang sama, mereka tertarik belajar / hobi menggambar manga karena terlebih dahulu hobi menonton anime atau membaca manga. Jadi jika kalian ingin belajar menggambar manga, ada baiknya menonton anime terlebih dahulu agar lebih paham style manga itu sendiri.

Style coloring seseorang bisa jadi terinspirasi dari anime favoritnya. Style coloringku sendiri terinspirasi dari anime Amagami SS. Aku sangat menyukai design character pada anime tersebut, coloringnya juga rapi. Coba perhatikan detail gambar berikut, terutama bagian rambut.

Klik untuk zoom in
Ayatsuji Tsukasa & Junuichi Tachibana (Amagami SS)
Ayatsuji dan temannya (Amagami SS plus)
Ai Nanasaki nangis, tetap cantik (Amagami SS plus)
Junuichi & Haruka (Amagami SS plus)

Well, perthatikan detail pada bagian rambutnya. bukan adegan ciumannya. Ehem. Coloring dan shading (bayangan)nya tampak rapi, begitu juga dengan highlight (kilau rambut) yang lumayan tebal dan berkilau sempurna seperti habis di creambath. lol

Kemudian perhatikan coloring rambut pada gambar buatanku.

Artwork for friends: Qiqiyo
Artwork for friends: Farid
Artwork for friends: Ramy

Aku belajar teknik shading dan highlight dari memperhatikan detail tokoh anime, terutama Amagami. Namun belakangan ini aku menerapkan cara lain dalam coloring rambut, yakni dengan menggunakan air brush tool dengan highligt yang agak kecil.

Berikut ini adalah screenshot anime lainnya. Perhatikan detailnya, terutama pada bagian rambut. Klik pada gambar biar jelas.


Screenshot anime Bakuman
 Coloring rambut pada anime bakuman, highlight tipis mengikuti arah lipatan rambut. Kecuali pada tokoh sebelah kanan, highlightnya terlihat aneh menurutku, warna yang terlalu kontras :s


Screenshot anime Code Geass
 Pada Code Geass, highlight lebih rapi, mengikuti arah lipatan rambut, seperti anime kebanyakan. Shading juga terlihat rapi pada anime ini.

Screenshot anime High School of the Dead
Anime Highschool of The Dead. Sama seperti di atas, tetapi tidak terlalu menonjolkan detail highlight.


Screenshot anime Detective Conan
Tidak ada highight/ garis kilauan rambut pada anime ini. Hanya shading. Bagian luar rambut terlihat lebih terang.


*Screenshot diambil dari koleksi anime pribadi.
Berdasar screenshot diatas, bisa diketahui bahwa tiap mangaka punya style menggambar masing-masing. #youdontsay



Baiklah, sudah cukup pengantarnya. Kita lanjutkan ke Step coloringnya.

Tutorial Paint Tool SAI: Mewarnai Rambut Manga

Perlu diingat, tutorial mewarnai disini adalah versiku, mungkin tutorial mewarnai di web lain agak berbeda, karna tiap orang punya style dan tehnik masing-masing.  Disini aku menggunakan cara termudah dan menurutku paling simple.

klik pada gambar untuk zoom in

1. Karna ini lanjutan dari tutorial sebelumnya, dimulai dengan open file project SAI artline yang telah kalian buat.  Kemudian, pada layer linework, klik magic wand tool. Bentuknya seperti tongkat sihir. Klik daerah rambut untuk menyeleksi. Guna seleksi agar pada saat mewarnai tidak melebihi batas artline.

seleksi bagian rambut


2.  Zoom in ke bagian yang belum terseleksi, biasanya pada bagian ujung rambut. Scroll mouse kamu untuk zoom. Gunakan magic wand atau bisa juga selection tool, dekat icon penghapus letaknya. Seleksi sampai merata. Jika ternayata seleksi jebol ke seluruh bagian tubuh atau keluar artline, berarti artline yang kamu buat tidak tertutup alias masih ada celah yang terbuka. Coba cek bagian yang terbuka. Untuk menghapus seleksi, gunakan deselect tool. disamping selection tool.

Seleksi bagian yang belum


3. Setelah terseleksi semua, klik new layer. Berinama layer tersebut: "rambut" untuk memudahkan pewarnaan jika kamu membuat layer baru untuk setiap warna. Jangan lupa untuk set layer tersebut ke mode Multiply. Cek pada bagian kanan, disitu ada opsi untuk ubah mode dari normal ke multiply.  Kemudian klik Bucket tool bentuknya seperti  gelas yang menumpahkan cairan. Tuangkan warna dasar ke bagian rambut yang terseleksi tadi.

Tuangkan warna dasar dengan bucket tool


4.  Gunakan warna yang lebih gelap untuk shading (bayangan). Gunakan Pen tool, warnai ke bagian yang sekiranya akan diberi bayangan. Tidak perlu terlalu detail. Gunakan pen tool ukuran agak besar

Shdaing dengan Pen tool


5. Switch atau tukar warna ke yang lebih terang, caranya klik kanan pada warna yang lebih terang. Gunaka Pen tool ukuran kecil, mulai bentuk garis-garis bayangannya. Jika terlewat atau berlebih, switch ke warna gelap, tutup bagian yang berlebih tadi. Pada bagian ini memang agak sulit menjelaskan dengan gambar dan kalimat saja, pengen pake tutorial dengan video namun ga punya aplikasi buat rekamnya :/

Coba dipahami dulu deh maksudku :3

mulai bentuk detail bayangan

6. Lanjutkan detailnya, garis bayangan semakin tipis pada ujungnya. Untuk mempelajari letak bayangan, coba baca tutorial coloring manga sebelumnya. Lanjutkan detail shading rambut sampai selesai semua. Gunakan ukuran pen yang lebih kecil.

Lanjutkan detail bayangan



7.  Tahap akhir shading, periksa bagian dan teliti lagi. Tambah shading jika perlu pada bagian tertentu. Aku hanya memakai 2 warna pada bagian ini, yakni warna dasar dan warna bayangan.

Finishing shading

8. Hasil akhir shading rambut.

hasil shading rambut

9. Jika dirasa perlu gunakan air brush tool jika ingin gambar terlihat lebih detail. Hal ini tidak wajib, pilih warna agak gelap, gunakan ukuran brush yang agak besar, poles bagian yang dirasa perlu agak digelapkan.

Gunakan air brush untuk menggelapkan bagian tertentu

10. Langkah terakhir adalah memberi highlight. Ini step paling mudah, gunakan warna yang lebih cerah dari warna dasar. Gunakan pen tool ukuran kecil. Kemudian tahan dan goreskan pada bagian rambut yang akan dibuat berkilau.


menambah highlight

Sampai di sini tutorial mewarnai rambut dengan Paint tool SAI. Selanjutnya adalah tutorial menggambar dan mewarnai bagian mata gambar manga. Jika ada pertanyaan mengenai penjelasan tutorial yang kurang paham, silahkan bertanya melalui komentar dibawah atau mention ke akun twitterku @xinnosuke

Kalian juga boleh request tutorial SAI yang lain yang belum ku publish di blog ini. Jika ada waktu akan kutulis tutorialnya. Untuk updatenya silahkan follow blog ini. Terimakasih :)

UPDATED NOTES: Tutorial menggambar manga ini cocok dengan menggunakan mouse

50 comments: Leave Your Comments

  1. nah ini dia yg ditunggu-tunggu :D
    ijin praktek bang :D

    ReplyDelete
  2. mantap :D
    eh tutor mewarnai rambut cewek berponi donk, tapi Ayatsuji bisa dijadikan panutan sih.. :p

    thanks tutornya, ditunggu bagian mata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa dipraktekin ke char apa aja, cewek berponi coloringnya lebih butuh kesabaran apalagi rambutnya panjang :/

      oke, selanjutnya bagian mata :v

      Delete
  3. wihhh asek bgt ini tutorialnya...

    btw mau nanya caranya posting gambar biar bisa di zoom in gitu gmana ya (maap baru pertama kali masuk sini jadi ga gaul deh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk zoom in itu default/udah dari sononya dari template asli blogger :)

      Delete
  4. wew... aku fans anime so kagum banget ngeliat blogmu... hajimemashite, follow nd komen balik yaaaa...

    ReplyDelete
  5. Nah! Kalo ini rambut cowok yah bang, kalo aku agak kesulitan dengan proporsi shading rambut cewek yg panjang (anime). Hehehe XD Kadang suka bingung sendiri, enakan gambar realis pake pensil deh kalo shading rambut cewek XD Well, posting ini sih sedikit banyak membantu hihihi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebanrnya sama tekniknya.
      untuk cewek, bagian dari leher sampai kebawah digelapin/debri bayangan. coba perhatikan screenshot ke 2 / gambar ayatsuji

      bedanya kalo gambar anime cewek agak rumit pada bagian rambutnya (artline) apalagi yang panjang.
      untuk lebih memahami detail shadingnya, bisa sambil lihat anime. kalau ga ada waktu untuk nonton, kamu bsia sesekali aja lihat gambar2 anime di blog atau dimana aja, perhatikan detailnya. untuk teknik mewarnainya sama seperti di tutor ini, menggunakan switch color.

      sepertinya aku pernah gambar cewe rambut panjang, heu. ini dia >> klik ini

      Delete
    2. Muhehe :D Oke, sip! ^_^ Makasih bang shin ;)

      Delete
  6. whaha keren sensei , :D .. akan di coba :)

    ReplyDelete
  7. seperti oase di tengah gurun sahara,gw lagi butuh tutor ini banget..tengkyu sangat eea

    ReplyDelete
  8. keren bang tutorialnya sangat ngebantu :)
    follow ya bang blog gue #TETEP
    http://abortusjahilius.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. emmm iya ya,,klo di Conan tuh prasaan datar2 aj gtu rambutnya hehhee...
    hmm musti berdaya imajinasi tinggi nih >,<
    warnain rambut aje ribet yah hihihi

    ReplyDelete
  10. wuaa keren.. bisa buat belajar ni :) oya mau nanya, bikin pattern bajunya itu dikerjakan di photoshop ya? gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pattern photoshop untuk kostum character bisa dibaca disini Finishing Manga di Photoshop

      Delete
  11. thank's banget sensei~~
    lagi nyari tuto sai yang gampang ternyata ada disini XD

    ReplyDelete
  12. wah, makasih banget bangg :P
    oya ajarin tutorial bikin mata digital dong, soalnya aku ga bisa kalo bikin mata lewat PC, bisanya manual -__-

    ReplyDelete
  13. Aku masih terlalu kecil (10 taun) untuk mencobanya. Aku udah sering belajar tapi belum bisa >.< ah mungkin nanti aku bakal bisa

    ReplyDelete
  14. eh iya di sebelah mna ya ngerubah layer jd multiplay

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bagian atas layer, ada mode: normal, ganti multiply

      Delete
    2. udh ketemu makasi ya kk

      Delete
  15. software nya apa nh kk ?

    ReplyDelete
  16. Kalo mau tau dimana letak bayangan nya gimana ya? walaupun udh ditentuin dari arah mana sinar cahaya nya, tetep ga tau yg mana aja yg daerah gelapnya.. :D

    ReplyDelete
  17. oii ..mantab nih tips nya senpaii ...thankberat>,< /^.^)b

    ReplyDelete
  18. kk.. ada tutorial videonya g?? klo ada kasih tau alamat nya ya..
    terimakasih

    ReplyDelete
  19. Ditunggu mas untuk yang berikut-nya..
    aku lagi belajar ini dan pemula baget kalau pakai tool-tool kayak gini. Kalau lihat video di youtube malah buat streees aja kerena para senior cuma pamer Skill..

    Maaf kalau coment-nya OOT kerena tidak punya akun blog aku cuma bisa comment pakai FB saja...

    ReplyDelete
  20. aaaaaa.............

    kok sketsa gue berantakan semua...

    some one help me please !!!!!!

    ReplyDelete
  21. waaaah......
    thx y kak!
    berkat post kakak ini, saya bsa lebih mudah mewarnai karya saya

    ReplyDelete
  22. Edun ribetnyaaaaa,,,,,,, tapi keren..!!!!!!

    ReplyDelete
  23. om rekam tuto nya dong pas bagian shading app rekamannya nya pake ini aja
    http://www-spi.lip6.fr/~queinnec/VideoC/xscript.html ato ini
    http://www.unixuser.org/~euske/vnc2swf/

    ReplyDelete
  24. om bleh nanya... di video ini http://www.youtube.com/watch?v=rNlju5uXd8U&feature=fvwrel.. yg buat bikin rambutnya itu pake tool apa yah,, biar bisa lancip ujungnya itu ??

    ReplyDelete
  25. kak, lanjutin tutorial nya donk, shading buat muka sama badannya susah nih, dicoba brp kali juga jatohnya jadi kayak panuan, ahaha...

    ReplyDelete
  26. ijin tanya,kita bisa nambahin tool tool yang ada di SAI nggak??
    mksh:)

    ReplyDelete
  27. Mau nanya: ada ga software yang sama seperti Easy Paint Tool SAI ini (atau sejenis) tapi dipakai buat tab dengan OS Android (4.0)? Makasih :)

    ReplyDelete
  28. itu kan bwt anime 2D aja bang,..
    klo 3D kya gni https://www.facebook.com/photo.php?fbid=707706135923308&set=a.310939655599960.95259.100000517857621&type=1&theater
    gmna :/

    ReplyDelete
  29. Om Nomer Yg 5 - 6 gk ngerti buat video nya dong :(

    ReplyDelete
  30. Minta tutor bikin tubuh anime di SAI dong :) agak susah nih :( dan tutor warna kulit :) please :)

    ReplyDelete
  31. Minta tutor bikin tubuh anime d SAI dong dan warna kulit anime nya :) aku masih pusing nih :( sebelumnya trima kasih atas tutor ini :)

    ReplyDelete
  32. Makasih Gan Tutor Nya,
    Tapi Klok Boleh Ane Request,
    Cara Nya Ngasih Background Tapi Pkek Sai Gimana ya Masih Bingung,
    Udah Pernah Nyobak Google Sketh Up, Rumit Amat 2 Hari Baru Selesai,
    Klok Bisa Share ya Gan :D

    ReplyDelete
  33. wah ane ga tau nama nama toolnya jadi bingung :3

    ReplyDelete
  34. ini pts yg bayar kah?

    ReplyDelete

silahkan berkomentar menggunakan akun google/blogger ataupun url/name, komentar dengan anonymous tidak saya balas.
jika ingin berbagi tulisan ini silahkan share via FB/Twitter, bukan menulis ulang/copas di blog :)