Tutorial Paint Tool SAI: Mewarnai Rambut Manga (Coloring and Shading)

Tutorial Coloring Rambut Manga
Tutorial kali ini adalah lanjutan dari Tutorial Menggambar Artline Manga Dengan Paint Tool SAI tanpa Tracing Sketsa kemarin. Bagi yang baru pertama kali mengunjungi blog ini sebaiknya klik dulu tab Tutorial di pojok kanan atas supaya lebih paham dan belajar dari awal.
Seperti biasa, untuk belajar menggambar manga, kita harus memahami style manga/anime itu sendiri. Dengan menonton anime (film animasi Jepang) dan membaca manga (komik Jepang) adalah cara terbaik mempelajari style menggambar manga. Begitu juga dalam mewarnai rambut tokoh/character yang akan kita gambar. Menonton anime akan sangat membantu.(kenapa harus menonton anime? karena kalau  manga biasanya hitam puith, tidak berwarna. #obvious ). Tidak sekedar ditonton, namun juga memperhatikan detail design character, detail warna dan shading setiap tokoh.
Dan menurut pengalamanku dan teman-temanku yang mempunyai hobi yang sama, mereka tertarik belajar / hobi menggambar manga karena terlebih dahulu hobi menonton anime atau membaca manga. Jadi jika kalian ingin belajar menggambar manga, ada baiknya menonton anime terlebih dahulu agar lebih paham style manga itu sendiri.
Style coloring seseorang bisa jadi terinspirasi dari anime favoritnya. Style coloringku sendiri terinspirasi dari anime Amagami SS. Aku sangat menyukai design character pada anime tersebut, coloringnya juga rapi. Coba perhatikan detail gambar berikut, terutama bagian rambut.

Klik untuk zoom in

Ayatsuji Tsukasa & Junuichi Tachibana (Amagami SS)
Ayatsuji dan temannya (Amagami SS plus)
Ai Nanasaki nangis, tetap cantik (Amagami SS plus)
Junuichi & Haruka (Amagami SS plus)
Well, perthatikan detail pada bagian rambutnya. bukan adegan ciumannya. Ehem. Coloring dan shading (bayangan)nya tampak rapi, begitu juga dengan highlight (kilau rambut) yang lumayan tebal dan berkilau sempurna seperti habis di creambath. lol
Kemudian perhatikan coloring rambut pada gambar buatanku.
Artwork for friends: Farid
Artwork for friends: Ramy
Aku belajar teknik shading dan highlight dari memperhatikan detail tokoh anime, terutama Amagami. Namun belakangan ini aku menerapkan cara lain dalam coloring rambut, yakni dengan menggunakan air brush tool dengan highligt yang agak kecil.
Berikut ini adalah screenshot anime lainnya. Perhatikan detailnya, terutama pada bagian rambut. Klik pada gambar biar jelas.

 

Screenshot anime Bakuman

Coloring rambut pada anime bakuman, highlight tipis mengikuti arah lipatan rambut. Kecuali pada tokoh sebelah kanan, highlightnya terlihat aneh menurutku, warna yang terlalu kontras :s

 

Screenshot anime Code Geass

Pada Code Geass, highlight lebih rapi, mengikuti arah lipatan rambut, seperti anime kebanyakan. Shading juga terlihat rapi pada anime ini.

Screenshot anime High School of the Dead

Anime Highschool of The Dead. Sama seperti di atas, tetapi tidak terlalu menonjolkan detail highlight.

Screenshot anime Detective Conan

Tidak ada highight/ garis kilauan rambut pada anime ini. Hanya shading. Bagian luar rambut terlihat lebih terang.

 
*Screenshot diambil dari koleksi anime pribadi.

Berdasar screenshot diatas, bisa diketahui bahwa tiap mangaka punya style menggambar masing-masing. #youdontsay

 

Baiklah, sudah cukup pengantarnya. Kita lanjutkan ke Step coloringnya.

Tutorial Paint Tool SAI: Mewarnai Rambut Manga

 
Perlu diingat, tutorial mewarnai disini adalah versiku, mungkin tutorial mewarnai di web lain agak berbeda, karna tiap orang punya style dan tehnik masing-masing.  Disini aku menggunakan cara termudah dan menurutku paling simple.

klik pada gambar untuk zoom in

 
1. Karna ini lanjutan dari tutorial sebelumnya, dimulai dengan open file project SAI artline yang telah kalian buat.  Kemudian, pada layer linework, klik magic wand tool. Bentuknya seperti tongkat sihir. Klik daerah rambut untuk menyeleksi. Guna seleksi agar pada saat mewarnai tidak melebihi batas artline.
seleksi bagian rambut

 

2.  Zoom in ke bagian yang belum terseleksi, biasanya pada bagian ujung rambut. Scroll mouse kamu untuk zoom. Gunakan magic wand atau bisa juga selection tool, dekat icon penghapus letaknya. Seleksi sampai merata. Jika ternayata seleksi jebol ke seluruh bagian tubuh atau keluar artline, berarti artline yang kamu buat tidak tertutup alias masih ada celah yang terbuka. Coba cek bagian yang terbuka. Untuk menghapus seleksi, gunakan deselect tool. disamping selection tool.
Seleksi bagian yang belum

 

3. Setelah terseleksi semua, klik new layer. Berinama layer tersebut: “rambut” untuk memudahkan pewarnaan jika kamu membuat layer baru untuk setiap warna. Jangan lupa untuk set layer tersebut ke mode Multiply. Cek pada bagian kanan, disitu ada opsi untuk ubah mode dari normal ke multiply.  Kemudian klik Bucket tool bentuknya seperti  gelas yang menumpahkan cairan. Tuangkan warna dasar ke bagian rambut yang terseleksi tadi.
Tuangkan warna dasar dengan bucket tool

 

4.  Gunakan warna yang lebih gelap untuk shading (bayangan). Gunakan Pen tool, warnai ke bagian yang sekiranya akan diberi bayangan. Tidak perlu terlalu detail. Gunakan pen tool ukuran agak besar
Shdaing dengan Pen tool

 

5. Switch atau tukar warna ke yang lebih terang, caranya klik kanan pada warna yang lebih terang. Gunaka Pen tool ukuran kecil, mulai bentuk garis-garis bayangannya. Jika terlewat atau berlebih, switch ke warna gelap, tutup bagian yang berlebih tadi. Pada bagian ini memang agak sulit menjelaskan dengan gambar dan kalimat saja, pengen pake tutorial dengan video namun ga punya aplikasi buat rekamnya :/
Coba dipahami dulu deh maksudku :3
mulai bentuk detail bayangan

 

6. Lanjutkan detailnya, garis bayangan semakin tipis pada ujungnya. Untuk mempelajari letak bayangan, coba baca tutorial coloring manga sebelumnya. Lanjutkan detail shading rambut sampai selesai semua. Gunakan ukuran pen yang lebih kecil.
Lanjutkan detail bayangan
7.  Tahap akhir shading, periksa bagian dan teliti lagi. Tambah shading jika perlu pada bagian tertentu. Aku hanya memakai 2 warna pada bagian ini, yakni warna dasar dan warna bayangan.
Finishing shading

8. Hasil akhir shading rambut.

hasil shading rambut
9. Jika dirasa perlu gunakan air brush tool jika ingin gambar terlihat lebih detail. Hal ini tidak wajib, pilih warna agak gelap, gunakan ukuran brush yang agak besar, poles bagian yang dirasa perlu agak digelapkan.
Gunakan air brush untuk menggelapkan bagian tertentu
 
10. Langkah terakhir adalah memberi highlight. Ini step paling mudah, gunakan warna yang lebih cerah dari warna dasar. Gunakan pen tool ukuran kecil. Kemudian tahan dan goreskan pada bagian rambut yang akan dibuat berkilau.

 

menambah highlight
Sampai di sini tutorial mewarnai rambut dengan Paint tool SAI. Selanjutnya adalah tutorial menggambar dan mewarnai bagian mata gambar manga. Jika ada pertanyaan mengenai penjelasan tutorial yang kurang paham, silahkan bertanya melalui komentar dibawah atau mention ke akun twitterku @xinnosuke
Kalian juga boleh request tutorial SAI yang lain yang belum ku publish di blog ini. Jika ada waktu akan kutulis tutorialnya. Untuk updatenya silahkan follow blog ini. Terimakasih :)
UPDATED NOTES: Tutorial menggambar manga ini cocok dengan menggunakan mouse